Laman

Sabtu, 05 Februari 2011

Perawatan Sepeda Motor


Sudah tak asing lagi bnyak kendara'an yang umurnya pendek (cepat rusak), hanya karna satu hal : " kurang perawatan ".
Sangat menjengkelkan bukan, padahal perwatan kendara'an itu sangat lah penting. untuk peforma kendara'an tetap prima dan tetap terlihat kinclong.
Maka dri itu saya akan membagi tip2 cara merawat kendara'an anda supaya panjang umur.
Caranya bisa di bilang gampang - gampang susah hal yang pertama adalah mencuci kendara'an buat
mengkilapkan body dan mencegak korosi pada komponen - komponen pada kendara'an, terus oli mesin di ganti di sesuaikan
pemakaian, kalau motor lo dalam pemakain nya kurang artinya
dalam jarak dekat saja jangan terlalu sering ganti oli boros.
terus kalau pemakaian kampasrem belakang contoh nya kalau
sudah tidak layak pakai jangan di pakai karna bisa merusak tromol
rem gampang haus, karna terjadinya gesekan.
accu juga harus di charge biar bisa mengalirkan arus listrik. ke
setiap komponen2 yang membutuhkan arus listrik.
untuk saat ini itu aja kalau ada yang mau menambahkan silahkan.
kalo mo ganti onderdil dsb liat pemakaian dan sesuaikan misalnya
ganti busi tiap 10.000km, kampas rem juga tapi gw lupa tiap
berapa km, trus oli sebaiknya ganti tiap 1500km tapi kalo sering
keujanan sebaiknya ganti lebih sering krn bisa jadi ada air yg
masuk. kalo ke bengkel mah tetep harus rutin meskipun motor qt
masih bisa jalan
, krn klo da dari bengkel qt jadi tau ada masalah
apa sm motor qt yg qt g tau. misalnya bulb halogen yg pecah
atw baut2 yg da kendor. trus kalo mau mesin awet perhatian ma
gigi maksudnya, klo motor da pelan banget atw bahkan berhenti
turunin lagi ke gigi 1, klo ketemu polisi tidur gede apalagi klo
boncengan dan orangnya berta juga balik ke gigi 1. trus jangan
asal cepet trus masuk gigi 3 tapi tunggu sampe kecepatan da
30km/jam atw lebih baru masuk gigi 3. itu siy yg gw tau klo ada
yg salah tolong dikoreksi sm yg lebih tau.
-

Kelistrikan
Pusat dari sistem kelistrikan sepeda motor adalah aki, dan
merawat aki sangat gampang. Tinggal setiap minggu periksa level
air akinya, kalau kurang ya ditambah. Apabila pengisian aki
berfungsi baik maka aki tdk perlu dicharge. Kalau aki sering ngadat
dan hrs dicharge di tukang aki, maka ada 2 kemungkinan. Sel � aki
sdh lemah dan minta ganti aki baru, atau sistem pengisian listrik ke
aki di sepeda motor yg tdk beres.
Sekarang ini kita cukup beruntung krn tdk dipusingkan lagi dgn
apa yg namanya platina. Semua motor sdh pakai CDI jadi tdk
ribet.
Mungkin yg perlu diwaspadai adalah penambahan lampu �
aksesoris yg sekarang banyak dipasang di motor. Pemasangan
kabel lampu � tsb hrs bagus supaya tdk menimbulkan hubungan
pendek. Perhatikan juga besarnya daya dari aksesoris tambahan
tsb apakah masih bisa disupply oleh aki. Kalau tidak maka aki akan
tekor.

-
Bodi
Sebetulnya mudah merawat bodi motor. Asal rajin
membersihkan dan menjaga agar tetap kering maka biasanya
bodi motor cukup awet. Apalagi jaman sekarang, sebagian besar
bodi motor terbuat dari plastik yg tahan karat.
Yg perlu perhatian ekstra mungkin hanya knalpot yg masih
terbuat dari logam. Sekarang banyak motor 4-tak yg BBM nya tdk
dicampur olie, jadi knalpot biasanya "kering" dan mudah berkarat.
Secara berkala, lepas knalpot dan tuangi dgn olie bekas. Olienya
kemudian dikeluarkan lagi, hanya unt melumuri bagian dalamnya
saja. Knalpot jadi lebih awet, tdk gampang berkarat dan keropos.
Mesin
Merawat mesin juga tdk sukar. Cukup ganti olie secara rutin sesuai
aturan dan gunakan olie yang bagus. Jangan modifikasi mesin
secara berlebihan. Memang yg namanya keausan tdk dapat
dihindari. Tapi jika kita merawat dgn baik maka mesin jadi lbh
awet dan tetap prima performanya. Segera ganti spare-part yg
sdh aus/rusak agar tdk merembet ke bagian lainnya.
Bagian Mekanis
Adalah bagian yg bergerak (selain mesin) yaitu roda, rantai, rem
dan shock arbsorber.
Merawat roda mungkin yg paling sulit krn jarang yg bisa
melakukannya sendiri, mesti dibawa ke bengkel. Sama seperti
roda mobil, maka seharusnya roda motor juga hrs balance
supaya motor jalannya stabil. Balancing roda motor adalah
kerjaan tukang stel ruji. Selain itu bearing juga secara berkala
harus diberi pelumas yaitu gemuk/vet agar awet dan gotrinya tdk
aus.
Merawat rantai relatif lbh mudah. Hal pertama yg perlu
diperhatikan adalah sprocket (gir) depan dan belakang harus
segaris. Kalau tdk segaris maka rantai dan gigi sprocket akan cepat
aus.
Kedua adalah ketegangan rantai hrs di stel yg sesuai. Rantai yg
terlalu tegang atau terlalu kendur akan memperpendek umurnya.
Yg ideal adalah jarak "main" rantai bawah pada bagian tengahnya
sekitar 1-2 cm. Lebih besar berarti terlalu kendor dan lebih kecil
berarti terlalu tegang.
Secara berkala, lumuri rantai dgn olie bekas atau kalau tdk mau
kotor bisa disemprot dgn WD40.
Rem, terutama sepatu rem memang mudah aus. Itu memang
didesign demikian supaya dinding teromol atau piringan disk
brake tdk terkikis. Periksa secara rutin ketebalan sepatu rem, bila
sudh tipis segera ganti jgn tunggu sampai betul � habis krn akan
mengikis dinding teromol/piringan disk brake.
Periksa olie rem apakah masih cukup, kalau kurang tambah dgn
olie yg spesifikasinya sama. Secara berkala kuras olie rem dan
ganti dgn yg baru. Ini tentunya kerjaan orang bengkel.
Shock arbsorber sebetulnya tdk memerlukan perawatan khusus.
Asal kita mengendarai motor secara normal (artinya kalau di jalan
berlubang yg pelan � dan berusaha menghindar) bagian ini relatif
awet. Periksa saja apakah ada rembesan olie, kalau ada berarti
sealnya sdh bocor dan minta ganti baru. Tdk dianjurkan unt
menyuntik atau merepair shock arbsorber. Lbh baik ganti baru
saja.

yg penting jangan bengong atw bahkan ngantuk klo bawa motor,
resiko kecelakaan tinggi, selama lw g jatuh, nabrak atw ditabrak
orang insyaalloh motor lw lebih awet.
-
Demikian tips2 nya...
Klau ada tutur kata yang slah tolong di koreksi....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar